Senin, 11 Agustus 2014

Kebiasaan Baru si Kembar

Hampir bisa dipastikan sekarang si Kembar Syafani dan Syifana sering terbangun sekitar pukul 12 malam dan pukul 3 pagi. Kadang bangun semua dan kadang juga bergantian. Kebiasaan ini sudah berlangsung sejak 2 minggu yang lalu. Tak hanya itu kebiasaan lain yang dilakukan oleh si kembar adalah menghisap jari-jari tangan. Tadinya Ayah Bundanya mengira bahwa hal itu dilakukan karena si kembar lapar atau dahaga dan minta “mimik tetek”, tapi ternyata tidak itu adalah kebiasan bayi sesuai perkembangannya.

Seringkali kita gemas melihat si kecil memasukkan tangannya ke mulut. Karena takut kotor, kita pun melarangnya. Padahal, si kecil punya alasan tersendiri lho melakukan hal itu.

Menurut, dr Ni Luh Karunia Wahyuni, SPKFR(K), saat bayi memasukkan sesuatu ke mulut saat usia dua hingga tiga bulan hal yang normal, dan tidak perlu dilarang.

"Anak usia dua hingga tiga bulan sudah mulai memasukkan tangan ke mulut, itu nanti lama-kelamaan kaki juga bisa dimasukkan ke mulut. Bayi memang begitu, dia akan bereksplorasi, belajar mengenalnya dengan memasukkan ke mulut, menghisapnya," ujar pembicara simposium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), "Improving Medical Care Quality Through Updating Knowledge and Skills" di Room Puri Agung, Hotel Grand Sahid, Jakarta seperti di lansir oleh okezone.com.

Masih menurut dokter Ni Luh, bayi yang memasukkan tangan ke mulut memiliki maksud tertentu. Yaitu rasa nyaman dan aman.

"Pada saat lahir mereka langsung menghisap puting susu ibu, dan mulut dia akan terasa penuh. Rasa penuh tersebut memberi dia stimulasi ke otak rasa aman dan stabil. begitu juga ketika dia sedang menghisap tangannya," jelasnya.

Nah jadi tidak perlu risau atau gundah jika mungkin bayi anda juga melakukan kebiasaan yang sama seperti  diatas. Karena itu hal yang wajar dilakukan bayi dan itu tandanya bayi normal dan sehat. Syafani dan Syifana pun tidak pernah dilarang sama ayah bunda nya. Paling Cuma sambil bercanda tangannya si kembar  iseng-iseng dipegangi oleh Ibunya dan langsung mau nangis seperti jengkel hehehe.


0 komentar:

Posting Komentar